Hubungi Terlebih Dahulu Di No. 082316571333

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Pohon kelapa adalah salah satu tanaman yang dinilai banyak mengandung manfaat yang cukup banyak bayangkan tanaman ini mulai dari atas sampai bawah , dari daun sampai akar-akarnya terdapat manfaat . Air kelapa diantaranya Air kelapa ini dinilai mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker ,sumber eletrolit alami yang steril dan mengandung kadar kalium, khlor, serta klorin yang tinggi. 
Sumber Gambar Diambil Dari Google

Dalam industri makanan diantaranya, air kelapa bisa dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan kecap dan nata de coco. Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan, selain itu juga di era modern ini banyak yang memanfaatkan air kelapa sebagai sumber produk minuman siap saji.  Air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh, yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks). Manfaat air kelapa  bagi kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut:
  1. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni.
  2. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, selain itu juga dapat memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  3. ternyata air susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  4. Air kelapa muda mampu membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotika lain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah.
  5. Air kelapa dapat menyembuhkan peyakit kulit di wajah seperti melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi nampak berseri. Caranya dengan membasuhkan air kelapa pada muka secara kontinu tiap hari. Selain itu juga Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatal-gatal, telapak kaki pecah, dan eksim. Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut: segenggam beras direndam dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling hingga menjadi tepung (bubur halus). Tepung beras tersebut dioleskan setiap hari selama tiga atau empat hari pada bagian tubuh yang sakit. Dan air kelapa bisa menjadi obat alternatip obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan telapak tangan.
  6. Air kelapa dicampur sedikit madu merupakan tonikum yang murah, tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seks yang berlebih.
  7. Air kelapa juga menurut para dokter baik sebagai obat brokhitis kronis, sembelit, dan wasir.
  8. Air kelapa muda hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diminum secara teratur, berkhasiat sebagai obat penyakit demam berdarah (DBD).
  9. Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban.


Semoga artikel di atas bermanfaat. Sumber tulisan ini dari Ir. H. Rahmat Rukmana, MBA., M.Sc 

0 Response to "Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan"

Post a Comment