Hubungi Terlebih Dahulu Di No. 082316571333

4 Manfaat dan khasiat buah duwet

Taukah anda dengan buah dawet pasti anda asing mendengr buah ini meskipun buah ini jarang dikeanal di masyarakat tetapi buah yang satu ini banyak mengandung manfaat untuk pengobatan. Buah Duwet atau yang bisa dikenal dengan sebutan buah Jamblang merupakan buah yang memiliki rasa yang masam dan cenderung manis ketika sudah masak. Buah jamblang kaya akankandunga antioksidan yang tinggi, Buah jamblang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner serta kanker.


Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya duwet dikonsumsi dalam keadaan sudah masak dan segar. Kalau kurang segarpun, aktivitas antioksidannya sudah jauh berkurang. Selain kaya zat antioksidan, serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam buah duwet tersebut.

Apa saja manfaat mengkonsumsi buah duwet? Berikut ini manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh diantaranya seperti:

  • Mencegah kelebihan kolesterol jahat di dalam tubuh manusia

Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Buah duwet mengandung alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.
  •  Mampu Menyembuhkan luka diabetes

Selain mencegah kelebihan kolesterol, duwet juga ampuh sebagai obat diabetes. Biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit.
  •  Mengobati diare

Untuk mengobati diare bisa dengan menggunakan kulit dahan kering sekitar 1 jari, direbus dengan 2 gelas air mendidih sampai menjadi 1 gelas, airnya disaring terlebihdahulu dan langsung di minum.
  •  Sariawan

Rebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Sekian mudah-mudahan apa yang kami tulis di atas bisa bermanfaat.


0 Response to "4 Manfaat dan khasiat buah duwet"

Post a Comment