Hubungi Terlebih Dahulu Di No. 082316571333

CARA BUDIDAYA TANAMAN BIBIT CENGKEH


Apakah kalian tau bagaimana tentang budidanya bibit cengkeh dengan menghasilkan bibit yang ungul yuk temukan ilmunya disini. Cara lengkap budidaya cengkeh dengan kualitas bibit unggul akan menghasilkan sekitar 100 kg cengkeh per pohon, tentunya harus dengan dibarengi dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik dan teratur. Bahkan pohon cengkeh dengan bibit yang berkualitas dan perawatan yang baik selain memberikan hasil yang maksimal juga dapat bertahan hidup hingga ratusan tahun dan akan tetap produktif. Seperti cengkeh AFO yang ada di daerah ternate, walaupun usianya lebih dari 350 tahun tapi pohon yang satu ini masih tetap produktif berbunga bahkan buahnya berkualitas.
Untuk mengetahui bagaimana cara budidaya tanaman cengkeh ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar pada waktu cara menanam cengkeh.

  • Kondisi Tanah
Cengkeh menghendaki tanah yang berstruktur baik, yakni gembur, tidak berpadas, berlapisan tanah liat dan tanah berpasir (tanah vulkanis muda), tanah-tanah tersebut kurang cocok untuk tanaman cengkeh, karena terlalu mudah kehilangan air.
Untuk pemeliharaaan tanah sebaiknya dilakukan pencangkulan agar tanah tidak mengeras, pencangkulan dilakukan dua kali dalam setahun. Dan perlakuan intensif pada tanaman cengkeh ini sebaiknya dilakukan sejak mulai dari persemaian hingga dewasa.

  • Iklim


Sifat iklim sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya cengkeh ini. Tanaman cengkeh tidak tahan dengan kekeringan, karena kekeringan pada pohon cengkeh dapat mengakibatkan kematian (pada pohon muda 1 – 2 tahun), mati ranting (pada pohon dewasa), kurang produktif (pohon yang sudah tua).
Tanaman cengkeh menghendaki curah hujan antara 2.000 – 3.500 mm, tetapi yang merata sepanjang tahun. Namun walaupun banyak banyak membutuhkan aiar, apabila curah hujan yang terlalu tinggi yaitu di atas 4.000 mm dan mengakibatkan becek yang berlebihan akan mengakibatkan kematian.

Karena hujan yang terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada bunga muda dan dapat menstimulir pertumbuhan lumut-lumut pada cabang dan ranting yang bisa mnyebabkan putusnya ranting dan cabang tersebut. Tanaman cengkeh sangat cocok dengan temperature yang hangat dan tidak terlalu lembap, karena itu, jarak tanam pada pohon cengkeh ini harus cukup luas, antara 8 x 8 meter. Supaya sirkulasi udara sekitar pohon baik. Tanaman cengkeh pun sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup, terutama pada masa pembungaan.

0 Response to "CARA BUDIDAYA TANAMAN BIBIT CENGKEH "

Post a Comment