Hubungi Terlebih Dahulu Di No. 082316571333

MANFAAT DARI POHON JATI

Segala sesuatu pasti mempunyai manfaat tersendiri, manfaat yang dihasilkan dari pohon jati Banyak manfaatnya misalnya bagi kebutuhan manusia dan ekosistem mahluk hidup di sekitarnya,  beberapa manfaat yang dihasilkan pohon jati


  1. Tanaman Pohon kayu bermanfaat mengurangi dari panasnya global (panas bumi) sebagaimana tau bahwa tumbuhan menghasilkan oksigen
  2. Kayu jati mengandung semacam minyak dan endapan di dalam sel-sel kayunya, sehingga dapat awet digunakan di tempat terbuka meski tanpa divernis apalagi bila dipakai di bawah naungan atap.
  3. Jati bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal laut, bahkan termasuk kapal-kapal laut VOC yang melayari samudera di abad ke-17 itu terbuat dari kayu jati, selain itu Juga dalam konstruksi berat seperti jembatan dan bantalan rel.
  4. Di dalam rumah, selain dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture kayu jati digunakan pula dalam struktur bangunan. Rumah-rumah tradisional Jawa, seperti rumah rumah adat di indonesia, menggunakan kayu jati di hampir semua bagiannya: tiang-tiang, rangka atap, hingga ke dinding-dinding berukir serta alas temok.
  5. Dalam industri kayu sekarang, jati diolah menjadi venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal; serta dijadikan keping-keping parket (parquet) penutup lantai. Selain itu juga diekspor ke mancanegara dalam bentuk furniture luar-rumah.
  6. Ranting-ranting jati yang tak lagi dapat dimanfaatkan, bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Kayu jati menghasilkan panas yang tinggi, sehingga dulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap.
  7. Daunnya bisa di manfaatkan sebagai bungkus nasi yang sering di perjualkan di daerah pantura Cirebon bahkan dijadikan khas daerah makanan Cirebon yaitu makanan nasi jamblan, yang nasi itu terbungkus dari daun kayu jati


0 Response to "MANFAAT DARI POHON JATI"

Post a Comment